konten dalam sebuah blogBicara keuntungan punya blog atau meraup untung dari blog sebenarnya sudah sangat banyak artikel-artikel tersebut di internet, barangkali Anda pun akan bosan membacanya.

Aceh Blogger Community (ABC) yang kini telah memiliki anggota 2.000 lebih di Facebook, juga kerap mendapatkan pertanyaan yang sama mengenai hal itu terkait mencari untung di blog. Namun, lagi-lagi tingkatan ngeblog dari setiap anggota pun pasti berbeda-beda sehingga sangat sulit dalam menjangkau keuntungan seperti apa yang diharapkan.

Tidak ada salah, kali ini kita akan sedikit membahas tren apa sebenarnya yang membuat orang atau pun blogger ingin mendapatkan untung kelebihan dari kegiatannnya ngeblog. Sebagai pembuka, kita segarkan kembali dengan sebuah berita dari Australia yang menyebutkan bahwa situs-situs disana menerima 3,6 miliar dollar (Rp 39 triliun) dari pengiklan selama tahun finansial lalu.

Belum lagi, pembelanjaan online mencapai 1,883 miliar dollar untuk enam bulan pertama tahun 2013, mengalahkan 1,805 miliar dollar pembelanjaan untuk televisi. Angka-angka tersebut adalah hasil dari temuan perusahaan PriceWaterhouseCoopers untuk biro Interactive Advertising.

“Para penulis weblog, atau bloggers, tengah berusaha mengambil keuntungan dari meningkatnya pembelanjaan tersebut, dan menemukan cara-cara baru menghasilkan uang dari situs mereka,” sebut dalam situs Radio Australia.

Bagaimana kebayangkan dengan cerita dari Australia tersebut, tentu hal yang sama juga terjadi di Indonesia sebenarnya atau pun di jagad maya Aceh, dimana blog(ger) lokal, pendapatan global.

Menariknya disini adalah apa yang terjadi di Australia tersebut tentang pendapatan di blog memang gencar diminati oleh blogger perempuan, dimana mereka ingin blog menjadi sumber penghasilan. Tapi perlu dicatat disini konten sebagai rajanya.

“Hampir tidak sengaja, blog saya menjadi bisnis, karena orang melihat karya desain saya dan karya yang saya buat untuk teman-teman, dan mereka mulai mempekerjakan saya untuk mendesain bagi mereka juga,” jelasnya Shauna Haider (@nubbytwiglet) blogger asal Portland, Amerika.

Meskipun Haider bekerja sebagai desainer, kunci sukses bukanlah terletak pada layout atau tampilan blog. “Konten lah yang menjadi alasan orang kembali mengunjungi blog anda,” jelasnya.

Kebayangkan bagaimana saat minat kita untuk menulis malah menjadikan peluang untuk mendapatkan duit seperti disebutkan oleh Haider.

Nah, lain lagi bila kita tidak sejalur dengan Haider. Sebut saja blogger miskin ide dan karya tentu untuk meraup untung dari blog bisa lewat iklan.

“Ada jutaan cara saya menghasilkan uang melalui situs blog saya, tapi kebanyakan adalah melalui produk-produk digital, menulis buku dan sebagainya,” kata Gala Darling (@galadarling) blogger asal Australia ini.

Para penulis blog menyatakan bahwa memang ada kemungkinan menghasilkan uang banyak dari menjalankan situs blog, namun itu hanya berlaku bagi para blogger yang bisa membuat situsnya terlihat unik diantara begitu banyak konten yang ada di internet.

Bagaimana sudah menangkap maksud dari cerita di atas? Sekarang giliran Anda, blogger Aceh untuk memainkan peran itu, jangan selalu menanyakan bagaimana dan mulai dari mana. Tapi coba lihat kembali konten apa yang telah Anda bagikan di dalam blog itu.

Selamat berdiskusi, masih ada postingan menarik lainnya yang akan kita bagi tentunya terkait blog dan menulis di internet. Tetaplah go blog (#goblog) dan berbahagilah untuk menulis.

Banyak Cara Meraup Untung di Blog
Tagged on:             

10 thoughts on “Banyak Cara Meraup Untung di Blog

  • December 3, 2013 at 22:22
    Permalink

    Yoi min, tapi kalo saya masih pemula min, belum berpikir utk kearah sana. Masih hanya ingin berbagi kata dengan dunia. Follow balik donk min ;))

    Reply
  • December 15, 2013 at 01:55
    Permalink

    Untuk saat ne blum terpikiran sih ntk mendpatkan penghasilan dri nge blog, tpi yg penting itu mngisi konten2 dengan tulisan2 yang bermanfaat untk diri sendiri dan juga untk orang lain, dan tentunya untuk Aceh…

    Reply
  • January 11, 2014 at 04:32
    Permalink

    Tulisan yang sangat menarik, akan lebih menarik kalau memberikan satu saja contoh kecil cara mendulang uang di melalui ngeblog. Oh iya cantumkan juga dong blogger dalam negeri :mrgreen:

    Reply
    • January 11, 2014 at 04:46
      Permalink

      Banyak blogger dalam negeri (Aceh) jarang mau diekspos nama, tapi pastinya akan kita usahakan artikel lain yang lebih menarik tentunya dengan sekelumit contoh yang penuh dengan kesederhanaan. 🙂

      Reply
    • March 14, 2014 at 18:55
      Permalink

      Siap mengunjungi bung Imam 🙂

      Reply
  • January 27, 2016 at 14:24
    Permalink

    putus asa kalau mikirin dapat duit di blog.. minim view .. nulis aja deh jadinya .. ?kritikin tukisan aku dunk ??

    Reply
  • February 8, 2016 at 10:45
    Permalink

    Artikel yg bagus min ?… Semoga kedepannya admin bisa menyajikan contoh konkrit cara menghasilksn penghasilan di blok…slama ini kalo kita singgung meraup $ dari blog pasti yg terikirkan oleh sebagian blogger adalah Ads(iklan)

    Reply

Leave a Reply