Kementerian Koperasi dan UKM mengadakan lomba menulis artikel dan foto dengan total hadiah Rp 131,5 juta. Lomba ini khusus bagi mereka yang berprofesi sebagai jurnalis atau wartawan. Sedangkan untuk lomba fotonya selain untuk jurnalis juga terbuka untuk umum.

Adapun batas akhir lomba (deadline) 20 Juni 2013 untuk lebih lengkapnya, inilah syarat dan ketentuan dari lomba tersebut.

Lomba Foto Kategori Jurnalis:

  1. Peserta adalah wartawan media cetak (koran, majalah, tabloid) nasional dan daerah, termasuk media online, memiliki izin resmi jurnalis dan terdaftar sebagai anggota wartawan Indonesia. Melampirkan foto kopi atau scan tanda pengenal yang sah dan kartu pers.
  2. Foto telah dimuat di media cetak (koran, majalah, tabloid) nasional dan daerah, termasuk media online (bukan media personal dan internal) pada bulan Januari s/d 20 Juni 2013 dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi atau kontes foto lain (lampirkan scan bukti terbit atau pdf file).

Lomba Foto Kategori Umum:

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia yang berdomisili di NKRI.
  2. Foto diambil pada bulan Januari s/d 20 Juni 2013 dan belum pernah diikutsertakan pada kompetisi atau kontes foto lain.

Ketentuan Teknis:

  1. Konsep foto tunggal/single, menggambarkan tentang “Peran Koperasi dan UKM dalam Mensejahterakan Masyarakat”.
  2. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya
  3. Pengiriman foto: a) Foto dalam format digital melalui email ke : lombafotoukmnasional@gmail.com b) Data peserta : Tuliskan “Katagori UMUM atau JURNALIS”, Nama pengirim, Usia, Pekerjaan, Alamat Rumah, Nomor Telepon, Cerita mengenai foto c) Batas akhir pengiriman foto tanggal 20 Juni 2013.
  4. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  5. Format foto yang dikirimkan melalui email wajib mengikuti format yang telah ditetapkan, sebagi berikut : a) Sisi terpanjang minimal 3000 pixel, Save file dalam format JPG b) Resolusi minimal 300 dpi, hasil file size 1,5 – 2 MB per foto.
  6. Editing foto hanya diperbolehkan sebatas Basic Editing (dalam photoshop brightness/contrast, levels, hue/saturation, cropping tidak diijinkan lebih dari 10% foto asli).
  7. Foto Pemenang akan menjadi hak milik Kementrian KUKM RI.
Lomba Penulisan Artikel:
  1. Tulisan berupa feature atau analisis berita yang menceritakan tentang “Peran Koperasi dan UKM dalam Mensejahterakan Masyarakat” dan telah dimuat di media cetak (koran, majalah, tabloid) nasional dan daerah, termasuk media online (bukan media personal dan internal) bulan Januari s/d 20 Juni 2013.
  2. Naskah adalah asli yang dapat dipertanggungjawabkan dan harus sesuai dengan tema serta mengandung gagasan-gagasan baru.
  3. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) karya.
  4. Jumlah karakter tulisan minimal 4000 karakter dan maksimal 7000 karakter, diketik dalam MS Word, spasi 1,5 lines, A4.
  5. Pengiriman naskah melalui email (dengan melampirkan scan bukti terbit atau pdf file) dan pemenang lomba wajib mengirimkan bukti terbit dalam bentuk cetakan (Hard Copy) kepada panitia, paling lambat tanggal 20 Juni 2013 ke alamat Sekretariat Panitia: lombatulisartikelukmnasional@gmail.com atau melalui: Up. Bapak Gunawan, Bapak Darmono Press Room Kementerian Negara Koperasi dan UKM Jl. HR. Rasuna Said Kav. 5 Jakarta Selatan. Telp. 021-52992998, Fax. 021-5204383.

Atau melalui: Up. Bapak Gunawan, Bapak Darmono Press Room Kementerian Negara Koperasi dan UKM

Jl. HR . Rasuna Said Kav. 5 Jakarta Selatan. Telp. 021-52992998, Fax. 021-5204383.
Lomba Menulis dan Foto dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM 2013
Tagged on:         

Leave a Reply