Banyak yang bilang begini “susah jd PNS kalau ga ada org dalam”, “ga mungkin jd PNS klo ga ada duit segepok”, “han mungken diterimong bak Bank nyan atau kanto nyan meunyo hana adoe ma teuh inan”, dan msh banyak lagi perkataan-perkataan seperti itu.

Bagi saya pribadi, fenomena ini sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan. Mengapa? karena saya melihat apakah orang-orang ini sudah tidak percaya lagi saman Allah. Allah Yang Maha Memiliki Segala-Nya. Berhati-hatilah, karena dengan perkataan seperti itu tanpa disadari Anda sudah berimbas dalam dosa syirik. Sudah separah inikah ketauhidan masyarakat kita, khususnya para pelamar kerja?

Anda harus yakin semuanya bergantung sama ketentuan Allah, bukan sama Ayahwa, Nyakwa, Adoe Ma atau pun saudara-saudara Anda. Maka dari itu, seperti yang pernah diungkapkan oleh ustadz Yusuf Mansur, “ALLAH DULU, ALLAH LAGI, dan ALLAH TERUS”.┬áSelama inikan tidak seperti itu. Ikhtiar, ikhtiar, ikhtiar. Pas mentok, baru hadap sama Allah. Kemudian nangis, kecewa, sedih, salahin ini salahin itu.

Oleh sebab itu apabila anda mencari dan melamar pekerjaan, biasakan sebelum melamar itu menghadap ke Allah dulu. Mohon sama Allah, sujudlah kepada Allah. Mintalah bimbingan sama Allah. Caranya pun banyak, bisa dengan shalat wajib dan jangan sampai bolong-bolong, shalat sunnat seperti dhuha minimal 2 rakaat, berdoa, bersedekah, tahajud, dan amalan-amalan lainnya yang mengantar kita utk selalu dekat dengan Allah.

Kemudian baru ikhtiar, jangan sampai ikhtiar dulu baru kemudian lapor sama Allah. Berarti inikan Allah sudah didahulukan dengan yang lain. Biasakan mencari Allah dulu dalam setiap kehidupan kita. Jadikan ikhtiar kita menjadi benar dan ada manfaatnya.

Kalau kita tidak melibatkan Allah dalam ikhtiar kita, maka jangan harap Allah akan terlibat dalam ikhtiar kita tersebut, kecuali yang telah menjadi Sunnatullah-Nya. Jika kita melibatkan Allah, maka ikhtiar itu akan menjadi Ibadah buatnya. Terlepas berhasil atau tidak.

Dan InsyaAllah tidak akan ada yang sia-sia, sebab Allah akan menghadirkan jalan yang tidak pernah kita duga sebelumnya sebagai hadiah bagi siapa yg melibatkan-Nya. Kemudahan dan segala kehendak hanyalah milik Allah. Tidak ada yang mampu memberi pertolongan kecuali Allah SWT yang mengizinkan.

Segeralah kembali kepada Allah, ubahlah pola pikir dan pola ikhtiar Anda. Kita cari Allah dulu, ikhtiar, kemudian kembali kepada Allah. Bahkan ditengah ikhtiar, kita juga libatkan Allah, karena di setiap ikhtiar kita ada Allah yang selalu mengawasi. Kalau itu yang kita lakukan, maka segala sesuatunya akan bersemangat untuk kita jalani dan selalu dilingkupi rasa optimis. InsyaAllah!

Disadur ulang dari halaman Lowongan Kerja Aceh, credit for @Bro_FF

Sudah Separah Inikah Tauhid Masyarakat Kita?
Tagged on:                 

Leave a Reply