Lantas, apakah kejadian yang serupa juga akan terjadi di Aceh Negeri yang banyak menyimpan sejarah islam, negeri yang dijuluki dengan Serambi Mekkah.

Andalusia
Spanyol atau dulunya bernama Andalusia adalah sebuah negeri yang terletak di ujung selatan benua Eropa. Islam pertama kali masuk ke spanyol pada tahun 711 M. Setelah menguasai spanyol, islam semakin berkembang dari tahun ke tahun. Sehingga spanyol menjadi pusat peradaban islam yang besar. Setelah 7 abad berkuasa muslim di spanyol berhasil ditaklukkan kembali oleh tentara salib. Sejarah yang sangat menyedihkan bagi umat islam

Yang lebih menyedihkan lagi pada saat tentara salib menaklukkan daerah terakhir islam di Spanyol yaitu Granada. Saat itu, tentara salib memberikan kebebasan bagi para muslim untuk meninggalkan spanyol dan menyediakan perahu-perahu bagi para muslim untuk meninggalkan spanyol.

Sebagian para muslim masih menetap di dalam rumahnya karena tidak percaya terhadap kebebasan yang diberikan oleh tentara salib, dan sebagian yang lain sudah menuju ke perahu. Namun apa yang terjadi ? para muslim yang masih menetap di dalam rumah, rumahnya dibakar begitu juga dengan yang menuju ke perahu, perahunya juga dibakar. Muslim pada waktu itu ditipu dan dibantai habis-habisan. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 1 April 1487 M dan dikenal sebagai “The April Fool Days” dipopulerkan menjadi April Mop dengan “ritual” boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal tersebut tetapi bernuansa gembira.

Tulisan Muhammad Arif, selengkapnya

Akankah Aceh Seperti Spanyol?

2 thoughts on “Akankah Aceh Seperti Spanyol?

Leave a Reply