Sudah menjadi rahasia umum, hilang ide, tidak tahu mau menulis apa, dan masih banyak alasan lainnya yang sering menimpa blogger saat sudah berada di halaman utama blog, apapun layanan itu, mau gratis atau berbayar (self hosting).

Dalam blog vehandojo.wordpress.com, ada sebuah tulisan menarik dalam menampik alasan takut menulis. Walaupun tulisan dalam blog Mas Handojo lebih dititik beratkan pada seorang penulis untuk media, cuma tidak ada salahnya hal tersebut bisa diadopsi bagi seorang blogger yang merasa kehilangan akal untuk menulis.

Beberapa tips untuk langkah awal menulis adalah kembali pada ide dasar, pertama kenapa kita membuat blog, tentu untuk menulis atau mempublikasi foto atau gambar. Atau bisa juga alasan klasik alias untuk curhat, nah curhat juga terkadang butuh usaha untuk menulis. Karena sampai sekarang belum ada blog yang mampu mengkonversi dari bahasa atau cerita (ucapan mulut) ke tulisan, jadi apa pun cerita ngeblog sama nulis.

Lupa tiba-tiba alias nge-blank, ini juga alasan yang tidak kalah menariknya saat blogger berada di depan halaman blog atau dasbor. Ingat tips kedua ini, setiap hari ponsel atau hp telah menjadi perangkat yang sama fungsinya seperti dompet. Ya, saat Anda mengingat sesuatu dan jauh dari perangkat seperti Laptop/PC/Tablet untuk online ria, ada baiknya utamakan untuk menulis catatan satu baris kalimat atau paragraf di hp apa yang Anda ingat waktu itu.

Baiklah, saat ini saya sudah berada di depan laptop dan akan menulis note tadi. Tapi memulainya itu bagusnya dengan kalimat apa ya? Nah, pertanyaan seperti ini bisa diakali dengan tips ketiga. Jelajahlah di internet dengan topik yang akan Anda mulai, membaca tulisan orang lain tentu akan memberikan inspirasi awal kata-kata pembuka di blog. Jika tidak mampan juga, ya sudah pindahkan saja tulisan catatan (note) dari hp tadi ke blog lalu bubuhkan sebuah gambar yang menggambarkan isi tulisan tersebut.

Satu paragraf dan satu foto, tentu menarik. Intinya itu juga karya Anda di blog dan satu hal Anda telah berhasil menulis di blog. Masih ada alasan untuk mengeluh sebelum menulis di blog?

Jika pun ada alasan atau pertanyaan, mari kita diskusikan disini atau Anda bisa saja membuka topik diskusi di grup ABC. Mau tampil dengan tulisan yang sempurna di blog seperti orang-orang lain, Anda juga bisa ikut langkah-langkah di bawah ini.

Ngeblog bisa sempurna?

Bagaimana mudah dan gampangkan menulis di blog, yang belum punya blog juga bisa belajar membuatnya dari sekarang. Selamat mencoba!

Jangan Mengeluh Menulis di Blog Sebelum Mencoba
Tagged on:         

2 thoughts on “Jangan Mengeluh Menulis di Blog Sebelum Mencoba

    • March 13, 2014 at 13:36
      Permalink

      Halo Imam, terima kasih sudah berkunjung kesini. Ini tips sederhana, semoga semangat ya 🙂

      Reply

Leave a Reply