Blogger Hibah Sejuta Buku-ABCAceh Blogger Community (ABC) bekerjasama dengan Komunitas Kami Anak Bangsa (KKAB) hingga saat ini sedang menggelar sebuah survei kecil-kecilan untuk mendirikan Rumah Baca Indonesia (RBI) di Aceh.

Hingga saat ini ABC bertugas untuk mencari informasi seputar lokasi yang cocok untuk didirikan RBI dan nantinya pihak KKAB akan menfasiltasi RBI dengan sejumlah buku, rak, serta sejummlah fasiltas pendukung.

Adapun beberapa umum kriteria lokasi yang sedang disurvei oleh ABC meliputi lingkungan dengan jumlah anak minimum 100 orang; Karakteristik penduduk sekitar RBI tergolong miskin atau berkekurangan; Calon lokasi untuk dibangunnya RBI memadai untuk 3 rak lemari dan 2 ribu buku; Dilokasi tersebut terdapat penanggungjawab yang berkomitmen untuk bekerja sama dalam jangka panjang dan memberikan report secara rutin; serta fokus pada segmen anak dan remaja umur 5-18 tahun.

Maka dari itu ABC sangat mengharap peran blogger di Aceh untuk bisa menggerakkan rumah baca ini terwujud, bila ada teman-teman di daerah yang bersedia menjadi mitra, mohon untuk menghubungi kami lewat situs ini atau di grup Facebook.

Sementara lokasi yang akan menjadi prioritas RBI saat ini mencakupi Sabang, Bireuen, Banda Aceh atau Aceh Besar. Bagi teman-teman lintas komunitas yang punya informasi jangan sungkan-sungkan untuk memberikan kabar ke kami ya.

ABC dan KKAB Survei Rumah Baca Indonesia di Aceh

3 thoughts on “ABC dan KKAB Survei Rumah Baca Indonesia di Aceh

Leave a Reply