Komunitas Blogger Aceh (Aceh Blogger Community seterusnya disebut ABC) membuka kesempatan untuk seluruh anggota, pengurus, pengelola, dan blogger Aceh untuk menyumbang tulisan dalam proyek menulis #BUKUAcehBlogger.

Proyek ini merupakan ide yang muncul dari kopdar (hangout ABC) sekitar bulan April lalu dalam rangka jelang HUT ke-7 yang jatuh 1 November 2014 nanti atau yang disebut dengan Hari Blogger Aceh.

Tujuan dari proyek #BUKUAcehBlogger ini sebagai salah satu bentuk publikasi non-daring (online) aktivitas blogger yang selama ini aktif di blog dan/atau disejumlah jejaring sosial lainnya. Mempublikasikan dalam bentuk buku adalah salah satu sarana penting untuk menyebarkan pesan dan semangat positif blogger Aceh lewat cara menulis kepada publik secara luas dan juga menjadi salah satu sarana dokumentasi yang sangat berharga bagi generasi (blogger) selanjutnya.

Untuk itu, kami mengundang “call for writing” kepada seluruh blogger Aceh dimana pun berada untuk menyumbangkan tulisan tentang kegiatannya selama menjadi dan/atau berprofesi sebagai blogger serta kegiatan lainnya yang berkaitan dengan ABC.

Call for Wrinting

Proyek #BUKUAcehBlogger ini bersifat non-royalti, yakni penulis tidak akan mendapatkan royalti. Namun, hasil dari setiap penjualan buku akan digunakan sebagai dana umat –secara transparan dan tidak untuk keuntungan perorangan– untuk prioritas program ABC khususnya dalam membantu pendidikan sekolah-sekolah tertinggal di Aceh, kegiatan kampanye menuliskan Aceh di internet untuk sejumlah kalangan baik pelajar/mahasiswa atau masyarakat umum di Aceh, serta hal-hal lain yang dianggap perlu. Selain itu keikutsertaan dalam proyek ini, diharapkan telah menjadi bagian dalam mencatat sejarah bagi regenerasi blogger selanjutnya.

Dalam proyek ini, yang diutamakan adalah pengalaman menarik dan antusias masing-masing blogger (penulis) dalam aktivitasnya sehari-hari, tanpa melihat latarbelakang usia, jenis kelamin, jumlah kepemilikan blog dan berapa lama ngeblog.

Kumpulan tulisan antologi dari setiap perorangan dan/atau blogger dalam proyek ini akan disatukan untuk dicetak menjadi sebuah buku dengan menggunakan penerbitan secara indie, yakni ABC Publishing.

Dikarenakan untuk mendapatkan buku dengan kualitas yang baik, perlu kami sampaikan juga cara-cara dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam menyumbangkan tulisan untuk proyek ini. Tema dalam proyek penulisan #BUKUAcehBlogger ini dibagi dalam 2 (dua) jenis atau kategori:

  1. Tulisan tentang aktivitas blogger Aceh yang mencakupi:
    1. Pengalaman dan peran di komunitas ABC baik dalam kegiatan-kegiatan edukasi (workshop, pelatihan, dll), ekspedisi/kunjungan wisata, dan sejenisnya;
    2. Sosial masyarakat seperti perkembangan internet di Aceh, penggunaan internet positif, dinamika budaya mencakupi adat istiadat dan syariat di Aceh dari kacamata blogger;
    3. Kisah inspiratif dari blogger yang memberikan nilai dan manfaat untuk lingkungan sekitar, misal wawancara dengan tokoh masyarakat, mendapatkan penghargaan dari ngeblog, dan sejenisnya.
  2. Tulisan tentang teknik ngeblog meliputi:
    1. Membuat konten yang baik dan benar menurut blogger sehingga menarik untuk dilihat dan digemari oleh pembaca;
    2. Mengawali proses bisnis dengan cara ngeblog yang memiliki sejumlah tips dan trik meliputi SEO, SEM, dan sejenisnya;
    3. Mengulas cara menangani sejumlah masalah-masalah saat ngeblog, seperti bertanya kepada sejumlah blogger atau mengikuti acara-acara kopdar.

Untuk seluruh tema yang disebutkan di atas diharapkan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan oleh tim ABC. Syarat dan ketentuannya secara lengkap bisa unduh disini atau di bit.ly/BUKUAcehBlogger.

Semua tulisan dan file dikirim ke email: admin(at)acehblogger.or.id cc buku(at)acehblogger.or.id dengan membubuhkan Subjek Proyek #BUKUAcehBlogger. Adapun batas waktu (deadline) penerimaan seluruh tulisan paling telat 31 Desember 2014 pukul 24.00 WIB.

Demikian informasi proyek menulis antologi #BukuAcehBlogger yang dapat kami kabarkan, dan selamat menulis dengan semangat!

Salam Blogger,
Koordinator Proyek: Aulia (@hack87), Tengku Muda, Fadli
Editor/Kurator: Taufik Al Mubarak (@almubarak), Fakhrurradzie Gade (@efmg)
Layout/Desain Sampul: Pozan Matang (@pozanmatang)
Marketing/Promotion: Rizal Muhammad, Mirza Ilhami
Sirkulasi: Fachrul Fikri

“Call for Writing” Proyek #BUKUAcehBlogger Ditutup 31 Desember
Tagged on: