Pelatihan Blog ABC di AbdyaSelama dua hari lalu, sejak 7 dan 8 Februari, Komunitas Blogger Aceh (Aceh Blogger Community) disibukkan dengan kegiatan offline disejumlah regional di Aceh.

Yang paling menarik adalah kegiatan yang diinisiasi oleh koordinator baru ABC Reg. Aceh Selatan, yakni Ichwan Nazmi.

Ichwan yang juga dikenal lewat blog dengan tagline “Kulit Pisang” ini termasuk pemberani, pasalnya jauh-jauh hari sebelum menggelar acara pelatihan blog di kampusnya tersebut sudah memberikan aba-aba kepada tuha peut ABC untuk bertanya jawab soal kegiatan apa yang menarik dilakukan di Aceh Selatan.

Gayung pun bersambut, tuha peut ABC akhirnya memberikan mandat secara khusus untuk Ichwan menjadi koordinator ABC regional sekaligus untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan komunitas.

Pelatihan blog untuk Mahasiswa STAI Tapaktuan akhirnya terselenggara secara perdana, Ichwan Nazmi, yang juga lulusan Sarjana Pendidikan ini akhirnya menjadi pembicara utama.

“Pelatihan berlangsung di ruangan kuliah. digelar selama 1 hari,” sebut penulis novel kulit pisang tersebut.

Ichwan berharap, dengan pelatihan blog dan menulis tersebut, mahasiswa yang tinggal di daerah Kabupaten Aceh Selatan dapat memperbanyak calon-calon penulis hebat dimasa depan.

Blogger yang juga penulis novel Kulit Pisang sedang beraksi di depan mahasiswa
Blogger yang juga penulis novel Kulit Pisang sedang beraksi di depan mahasiswa

Selain melatih membuat blog, Ichwan juga berbagi informasi apa saja dalam menulis secara cepat kepada mahasiswa.

Kopdar Bareng IAI Almuslim

Lain lagi cerita di ABC Regional Bireuen, dibawah koordinasi Tengku Muda, kopi darat (kopdar) yang dikemas santai juga berlangsung lancar di kantin kampus Institut Agama Islam (IAI) Almuslim yang berada di tengah persawahan Paya Lipah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Dihadiri oleh beberapa tuha peut ABC, sekitar 15 mahasiswa serta dosen IAI Almuslim Prodi Perbankan Syariah juga ikut larut dengan materi-materi dasar pembuatan blog yang dikemas lewat blogshop sembari tanya jawab soal blog.

Agus, selaku Ketua FOMIA Almuslim sedang memperkenalkan komunitas kepada tuha peut ABC
Agus, selaku Ketua FOMIA Almuslim sedang memperkenalkan komunitas kepada tuha peut ABC

Forum Menulis Institut Almuslim (FOMIA) selaku komunitas tuan rumah di kampus IAI Almuslim juga begitu sangat antusias, hal ini terlihat dari beberapa kali anggota FOMIA bertanya disaat mengalami kendala saat membuat blog.

“Blog memang bukan hal baru bagi mahasiswa disini, tapi dari sekian banyak mereka juga belum begitu mengenal seluk-beluk cara pembuatan blog dan penulisan,” ujar Anwar Ebtadi, selaku dosen pengampu di Perbankan Syariah IAI Almuslim.

Anwar juga berharap, agenda kopdar dan blogshop yang dikemas sederhana dari ABC ini kedepan bisa terus berlanjut lewat kerjasama yang telah terjalin ini.

“Kami mengharapkan kedepan, pelatihan, pembahasan soal blog kepada mahasiswa bisa terus dilakukan berkala, ini akan jadi hal yang berguna untuk mahasiswa kami diera perkembangan teknologi informasi,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Salim selaku Ketua FOMIA juga menyambut positif kegiatan bersama ABC Regional Bireuen ini. “Kedepan kami akan perlu banyak belajar dan sharing dengan ABC, apalagi dalam pertemuan pertama ini, anggota FOMIA juga ditantang untuk mengikuti lomba selama sebulan dari ABC,” cetusnya.

Koordinator ABC Reg. Bireuen, Tgk Muda menyebutkan, kegiatan offline yang dilakukan teman-teman blogger Aceh rencananya akan terus disebarkan ke berbagai daerah lainnya, sehingga dari setiap regional ABC bisa mengkampanyekan semangat menulis di internet.

“Kita berharap disetiap daerah, blogger-blogger muda Aceh punya semangat yang sama seperti yang digerakkan oleh Ichwan di Aceh Selatan, ini pertanda adrenalin dan semangat blogger di Aceh terus terpacu. Setiap blogger daerah bisa menggelar acara kopdar, blogshop, sampai pelatihan, ABC siap membantu jika tidak ada kendala baik moril dan materil,” sebut pemilik blog http://tengku-muda.com.

Kopdar dan blogshop di IAI Almuslim Paya Lipah-foto bersama

Semangat GoBlog blogger Aceh, dan terima kasih untuk pihak-pihak yang telah siap dan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif untuk memajukan Aceh.

Pelatihan dan Blogshop ABC di Tapaktuan dan Bireuen
Tagged on:                 

6 thoughts on “Pelatihan dan Blogshop ABC di Tapaktuan dan Bireuen

Leave a Reply